Ini Potensi Desa Wisata Pulo Sibandang Danau Toba

Kekayaan yang dipunyai Danau Toba, membuat Kementerian Pariwisata tidak henti-hentinya mengeksplorasi kekuatan wisata disana. Salah satunya yang jadi perhatian ialah peningkatan tujuan di Desa Wisata Sibandang, Kecamatan Muara, Tapanuli Utara.

Desa Sibandang ialah salah satunya desa di pulau kecil Sibandang yang ada di area Danau Toba. Tempatnya tidaklah terlalu jauh. Cuma seputar 45 menit dari Bandara Silangit. Untuk sampai Sibandang, kita mesti seberangi Danau Toba dari pelabuhan Muara.

Baca juga: taman pelangi jurug dan tiket masuk taman pelangi jurug

Pelabuhan kecil di Muara ini, cukuplah penting buat masyarakat Pulo Sibandang. Sebab jadi area keluar masuk pulau. Yang membuat pelabuhan ini penting, ferry yang beroperasi dapat mengangkat mobil serta motor. Akan tetapi, ada pula dermaga-dermaga kecil spesial penumpang. Hingga, kegiatan masyarakat masih terjamin.

Menurut Kabid Tujuan Ruang I Peningkatan Tujuan pariwisata Regional I, Kementerian Pariwisata Widjanarko, Pulo Sibandang mesti selalu berbenah supaya bisa jadi tujuan pilihan di seputar Danau Toba.

Baca juga: taman lampion jurug dan harga tiket masuk taman pelangi jurug

Kekuatan Pulo Sibandang tinggi sekali. Semenjak awal datang dari pelabuhan, kita telah diberi view yang bagus. Masyarakatnya ikut ramah. Kita diterima dengan begitu baik. Sebagai pekerjaan ialah bagaimana meningkatkan value Pulo Sibandang, tuturnya, Kamis (13/9/2018).

Widjanarko mengemukakan hal itu dalam Tuntunan Tehnis Peningkatan Tujuan Pariwisata Lokasi Barat Ruang I Sumatera Utara, di Pulo Sibandang. Menurut Widjanarko, Pulo Sibandang mesti lengkapi dengan atraksi untuk dapat menjaring wisatawan. Dengan atraksi itu wisatawan dapat tertarik hadir serta tinggal di Pulo Sibandang. Karena itu Kementerian Pariwisata selalu menggerakkan perkembangan itu, tuturnya.

Baca juga: fasilitas taman jurug dan harga tiket taman pelangi jurug

Asisten Deputi Bagian Peningkatan Tujuan Pariwisata Regional I Kementerian Pariwisata Lokot Ahmad Enda, memandang, dengan kekuatan Sibandang memang mempunyai kekuatan besar. Serta tampak dari masyarakatnya yang begitu ketertarikan. Mereka sangat ramah serta siap terima wisatawan. Tetapi, itu saja kurang. Penduduk mesti sadar kekuatan pariwisata yang mereka punya. Jadi, mereka juga sadar pada kebersihan serta yang lain, tutur Lokot.

Salah satunya perihal yang menurut Lokot mesti dibenahi ialah sdm. Untuk betul-betul jadi satu homestay yang siap menghadirkan wisatawan, perlu waktu buat Sibandang. Penduduk mesti tahu dahulu apakah yang tidak bisa mereka lakukan. Serta apakah yang mesti mereka lakukan. Mesti ada kursus supaya SDM betul-betul siap, papar Lokot yang sudah sempat mengevaluasi Desa Wisata Sibandang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengharap Desa Wisata Sibandang dapat selalu berbenah serta menjadj homestay yang dapat dihandalkan. Karena menjadi tujuan prioritas, Danau Toba memerlukan banyak amenitas.

Menjadi tujuan prioritas, Danau Toba mesti selalu diperkokoh unsur 3A-nya. Yakni amenitas, atraksi, serta aksesibilitas. Kedatangan Desa Wisata Sibandang dapat menguatkan atraksi serta amenitas di Tapanuli Utara. Terutamanya, bila homestay telah siap. Tetapi, saya meyakini Sibandang siap karena itu, tuturnya.

Komentar