Instagram dan Kerusakan Lingkungan Wisata


Saat internet belumlah jamak dipakai, orang sering memercayakan brosur atau katalog perjalanan saat akan berencana berlibur. Sekarang ini, photo yang tampil di posisi waktu atau feature explore Instagram malah jadi referensi seorang saat ingin berekreasi.

Hal seperti ini dikemukakan oleh Corey Arnold, photografer serta nelayan asal Amerika Serikat. Pada National Geographic, ia menyampaikan kemauan beberapa orang untuk pergi ke satu tempat berpemandangan apik di pengaruhi oleh rutinitas mereka memakan waktu dengan hp. “Tapi dari tempat mana mereka memperoleh ide untuk melancong? Jawabannya ialah Instagram,” tuturnya.

Baca juga : villa gardenia lempasing lampung dan harga penginapan villa gardenia lampung

Instagram memang mempermudah beberapa pelancong temukan tujuan wisata. Aplikasi ini diperlengkapi dengan feature yang sangat mungkin pemakai ambil serta bagikan baik photo ataupun video. Tidak cuma itu, mereka dapat juga memberikan tempat dimana gambar itu diambil (geotagging).

Menurut data Statista, pemakai aktif Instagram per September 2017 sampai 500 juta orang. Mereka bagikan seputar 95 juta photo serta video sehari-hari. Seperti yang dilaporkan Forbes, watak Instagram yang fokus visual membuat engagement (jumlahnya hubungan pada suatu aku n semakin besar) dibanding sosial media lainnya.

Baca juga : harga villa gardenia lampung dan alamat villa gardenia lampung

Carrie Miller, penulis National Geographic asal New Zealand, menyampaikan jika pengalaman share photo serta video yang di tawarkan Instagram dapat menghadirkan faedah buat lingkungan. “Tak cuma membuat komune dimana orang sama-sama tersambung serta bagikan peristiwa dalam kehidupannya, hal tersebut dapat juga dipakai untuk menyoroti rumor sosial serta lingkungan yang terpenting,” tuturnya.

Tetapi, Miller menuturkan jika feature itu bak pisau bermata dua. Tidak hanya dampak positif, pengalaman share photo serta video yang disuguhi Instagram dapat mengakibatkan degradasi lingkungan serta menggerakkan wisatawan untuk melaku kan aksi-aksi beresiko. Diluar itu, kepadatan turis yang berlebihan juga menempa obyek wisata popular sesudah gambarnya viral di sosial media.

Baca juga : fasilitas villa gardenia lampung dan lokasi villa gardenia bandar lampung

Pengalaman keluarga Bogle ialah contoh bagaimana photo di Instagram membuat turis seantero Toronto hadir untuk lihat serta berswafoto di kebun bunga matahari. Menurut website berita ABC, momen ini tidak cuma berlangsung pada obyek wisata alam buatan tetapi juga yang alami seperti air terjun serta lokasi alpine di Tasmania, Australia. Beberapa pemakai Instagram mendatangi lokasi itu untuk memperoleh photo terunggul vs mereka semasing.

Rusaknya lingkungan karena tingkah pemakai Instagram membuat cemas beberapa kelompok, diantaranya photografer panorama Jason Futrill. Seperti yang dilaporkan ABC, ia memohon photografer, website perjalanan, serta aku n turisme untuk pikirkan kembali efek dari photo yang diberikan. Menurut dia, mereka butuh berefleksi masalah tanggung jawab konservasi waktu ambil serta mengupload gambar di sosial media.

Selain itu, photografer Chris Burkard menyampaikan jalan keluar masalah itu tidak dapat dituntaskan dengan langkah hentikan pekerjaan pelesir seorang. “Jawabannya bukan menyetop kegiatan travelling tetapi jalan-jalanlah dengan bertanggungjawab. Coba pergi ke satu tempat bukan untuk pamer serta bagilah pengalaman Anda, alih-alih berupaya mengikuti orang yang lain,” tuturnya pada National Geographic.
Buat photografer Scott Rinckenberger, usaha kurangi rusaknya lingkungan waktu membagi photo di sosial media begitu simpel. Pada Outside On-line, ia menyampaikan jika dianya tidak memberikan tempat (geotagging) pada tiap-tiap upload photo. Rinckenberger cuma memberi info tempat dimana photo diambil waktu ia terasa tempat itu bisa melayani banyak wisatawan.

Tetapi, pendiri serta pemimpin redaksi Moderen Hikers Casey Schreiner menilainya jalan keluar hentikan degradasi lingkungan karena kegiatan beberapa pemakai Instagram mesti menyertakan semua pihak. Masih tetap menurut website Outside On-line, ia menyampaikan jembatan penghubung pada pengurus obyek wisata, agensi perjalanan, grup penggemar alam, serta beberapa turis harus dibuat untuk meminimalkan kerugian. Tidak cuma itu, grup penggemar alam, agensi perjalanan, serta pengelola obyek wisata harus mensosialisasikan norma memphoto buat pengunjung dengan berkelanjutan.

Di Tasmania, pantuan norma memphoto untuk photografer alam sudah dibikin oleh Alami Resource Management bersamaan merebaknya kultur sosial media di kelompok wisatawan. Salah satunya point yang diutamakan dalam dasar itu ialah: “Jika anda punya niat bagikan gambar melalui internet, pakailah medium itu untuk tingkatkan kesadaran akan konservasi alam serta ancaman pada subyek yang difoto.”


Komentar